«

»

Sep 21

Menteri Rini Dorong BUMN Lahirkan Wirausaha Tangguh

Menteri Rini Dorong BUMN Lahirkan Wirausaha Tangguh

Klojen, MC – Seiring semakin kreatif dan inovatifnya kaum muda, terutama dalam berwirausaha, maka Menteri BUMN, Rini Soemarno mendorong dan mengimbau berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah, terutama kalangan BUMN untuk turut melahirkan wirausaha muda mandiri dan tangguh.

Menteri BUMN, Rini Soemarno meninjau berbagai stan pameran dari wirausahawan muda tangguh di Universitas Brawijaya Malang, Sabtu (15/09/2018).

Bagi swasta, program tersebut bisa direalisasikan dengan adanya dana Coorporate Social Responsibility (CSR), dan bagi pemerintah melalui berbagai kebijakan yang berpihak atau bersentuhan langsung dengan tumbuh kembangnya pelaku UMKM baru yang tangguh.

Modal usaha merupakan salah satu faktor utama yang menjadi pertimbangan untuk memulai suatu usaha, terutama bagi generasi muda yang hendak menjadi wirausaha. Terkait hal ini, maka pemerintah dan swasta, khususnya BUMN diimbau agar turut memfasilitasinya. Seperti halnya melalui adanya alokasi dana CSR dan prosedur pengajuan pinjaman dari perbankan yang mudah dan cepat harus dijalankan.

Hal itu yang ditekankan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, pada Sabtu (15/09/2018) usai menghadiri acara Wirausaha Muda Mandiri Award 2018 di Universitas Brawijaya Malang. Hadirnya rumah kreatif BUMN dan ajang penghargaan seperti ini, kata dia, dapat dimanfaatkan oleh calon dan pelaku UMKM, sehingga mereka mendapat suntikan modal usaha.

Di beberapa kementerian, lanjut Menteri Rini, sebenarnya ada alokasi anggaran yang diperuntukkan UMKM, namun belum bisa dioptimalkan karena terbentur aturan. Maka dari itu, pihak Kementerian BUMN akan mendorong dan akan berupaya agar anggaran tersebut nantinya dapat terserap dengan maksimal.

Oleh seban itulah, lanjut Rini, sinergi antara pemerintah, swasta dan pihak terkait lainnya sangat dibutuhkan, agar di masa mendatang semakin banyak terlahir wirausaha baru yang tangguh dan mandiri.

“Peran lembaga pendidikan pun dibutuhkan, agar watak dan karakter kaum muda terbentuk kuat untuk menjadi wirausaha sejati, dan bukan lagi bermental pegawai,” tegasnya.

“Dengan adanya dorongan dan imbauan dari Kementerian BUMN ini, untuk kalangan pemerintah dan swasta, maka diharapkan akan terus menumbuhkembangkan atau banyak melahirkan calon-calon wirausaha muda yang tangguh dan memiliki daya saing tinggi di berbagai situasi,” pungkas Menteri Rini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>