POKJA KELURAHAN SEHAT KELURAHAN SUMBERSARI

PROFIL POKJA SEHAT

KELURAHAN SUMBERSARI

 

 

  1. PENDAHULUAN

Kota sehat adalah suatu kondisi dari suatu kota yang aman, nyaman, bersih dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi sosial ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan forum masyarakat, difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan kota.

  • Pengertian

Kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya dicapai melalui penerapan tatanan dan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat, Komunitas dan pemerintah setempat.

Menurut WHO (1995) Kota Sehat adalah :

  1. Kota Yang selalu Komitmen dengan kualitas bLingkungan (Improves is environment)
  2. Mengembangkan Resources yang dimilikinya.
  3. Mendukung Civil Sosiety mencapai Potensi maksimal yang dimiliki.
  4. Menjadikan Health sebagai issue penting dan berusaha meningkatkannnya.
  5. Serta memiliki komitmen semua stageholders untuk menjadi sehat.

Adapun Pengertian Kota Sehat adalah :

  1. Kota sehat adalah suatu Kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.
  2. Penyelenggaraan Kota sehat adalah berbagai kegiatan untuk mewujudkan kota sehat melalui pemberdayaan masyarakat, melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah kota.
  3. Forum adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi :
  4. Di Kota disebut Forum Kota Sehat atau nama lain yang disepakati masyarakat. Forum Kota sehat berperan turut menentukan arah, prioritas, perencanaan Pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya.
  5. Di kecamatan disebut Forum Komunikasi Kelurahan sehat atau nama lain yang disepakati masyarakat. Forum ini mempunyai peran mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mengsinkronisasi dan mensimplikasikan prioritas, perencanaan antara Kelurahan satu dengan kelurahan lainnya daslam suatu wilayah kecamatan, yang dilakukan oleh masing masing pokja Kelurahan sehat.
  6. Kelompok Kerja (pokja) atau nama lain yang disepakati masyarakat, adalah wadah bagi masyarakat di Kelurahan atau yang bergerak di bidang ekonomi, social dan budaya dan kesehatan untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi dalam kegiatan yang disepakati mereka.

 

  • Tujuan
  1. Tujuan Umum

Tercapainya kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat untuk bekerja dan bekarya bagi warganya dengan terlaksanya berbagai program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan sarana, prodoktivitas dan perekonomian masyarakat sebagai bagian dari upaya pencapaian Indonesia Sehat.

  1. Tujuan Khusus
  2. Meningkatkan derajat kesehatan melalui upaya kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan kemitraan lintas sector.
  3. Terselenggaranya upaya kesehatan yang adil, bermutu, merata dan terjangkau dengan mengoptimalkan dengan seluruh potensi sumber daya yang ada.
  4. Meningkatkan Perilaku hidup bersih dan sehat secara mandiri.
  5. Meningkatnya lingkungan sehat secara terintegrasi aspek fisik, social, ekonomi, budaya dan prilaku.
  6. Meningkatkan Keterlibatan masyarakat dalam pembangunan kesehatan melalui pengoperasian dan kelembagaan masyarakat.
  7. Meningkatnya pemahaman lintas sector terhadap tanggung jawab bersama dalam mewujudkan kesehatan sebagai hak azasi manusia dan inventasi sumber daya manusia melalui pembangunan berwawasan kesehatan.
    • Kebijakan
  8. Menyelenggarakan semua program kesehatan dalam rangka mengatasi permasalahan kesehatan di Daerah.
  9. Pelaksanaan Program Kesehatan tidak tebatas pada standar pelayanan minimal akan tetapi semua program yang menjadi kebutuhan masyarakat.
  10. Pelaksanaan Program program kesehatan dilaksanakan dengan memperhatikan aspirasi dari masyarakat melalui forum di Kabupaten/kota, Forum Komunikasi di Desa/Kelurahan sehat atau kawasan Sehat tertentu dan Pokja di Desa/kelurahan.
  11. Memanfaatkan Kawasan Potensial, sebagai pintu masuk (entry Point), dimulai dengan kegiatan sederhana yang disepakati masyarakat dan terintegrasikan dengan kegiatan sector.
  12. Mengutamakan proses dari pada target, berjalan terus menerus, dimulai dengan kegiatan prioritas dalam satu tatanan kawasan dan dicapai dalam waktu yang sesuai dengan kemampuan masyarakat dan semua pelaku pembangunan yang mendukung.
  13. Pemerintah daerah bersama sama dengan forum menetapkan pilihan tatanan, kegiatan serta jenisdan besaran indikatornya.
  14. Pemerintah Daerah memfasilitasi kegiatan yang menjadi pilihan masyarakat, termasuk penggalian sumberdaya masyarakat yang diperlukan.
  15. Evaluasi kegiatan dilakukan secara terintegrasi oleh Forum dan Pokja Desa/Kelurahan Sehat bersama sama Pemerintah Daerah, LSM, Perguruan tinggi dan media masa.
    • Program dan Kegiatan

Program Pembangunan Kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang mengacu Pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 dan Perubahannya Nomor : 59 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Adapun Program Pembangunan Kesehatan di Kota Malang adalah sbb :

  1. Program Obat dan Perbekalan Kesehatan.
  2. Program Upaya Kesehatan Masyarakat.
  3. Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.
  4. Program Perbaikan Gizi Masyarakat.
  5. Program Pengembangan Lingkungan Sehat.
  6. Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular.
  7. Program Standarisasi Pelayanan Kesehatan
  8. Program Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin
  9. Program Pengadaan, Peningkatan dan Perbaikan sarana dan Prasarana.
  10. Program Kemitraan peningkatan Pelayanan Masyarakat
  11. Program Pengawasan dan Pengendalian Kesehatan Makanan.
  12. Program Peningkatan Keselamatan Ibu melahirkan dan anak
  13. Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak Balita
  14. Program Pendidikan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur

 

  1. POKJA KELURAHAN SEHAT KELURAHAN SUMBERSARI

Kelompok Kerja (POKJA) Kelurahan Sehat Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, adalah wadah bagi Masyarakat di Kelurahan Sumbersari yang bergerak di bidang ekonomi, sosial dan Budaya serta kesehatan untuk menyalurkan aspirasinya dalam kegiatan yang telah disepakati oleh masyarakat Sumbersari.

Kelompok Kerja (POKJA) Kelurahan Sehat Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Lurah Sumbersari :

  1. Nomor : 188.451/01/35.73.05.1005/207 Tahun 2017, ditetapkan di Malang, Pada Tanggal 13-01-2017 oleh Lurah Sumbersari, dengan Masa Jabatan Pengurus Tahun 2017 S/D Tahun 2019
  2. Nomor : 188.451/01/35.73.05.1005/2019 Tahun 2019, ditetapkan di Malang, Pada Tanggal 10-01-2019 oleh Lurah Sumbersari, dengan Masa Jabatan Pengurus Tahun 2019  sampai dengan Tahun 2021
  • VISI POKJA KELURAHAN SEHAT

Terwujudnya Kelurahan Yang Bersih, Indah, Nyaman dan menyenangkan bagi masyarakat melalui peningkatan derajat kesehatan baik fisik, social ekonomi dan ramah lingkungan maupun prilaku psikologinya.

 

  1. MISI POKJA KELURAHAN SEHAT

Pertama, membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat pada warga masyarakat sehingga tercipta lingkungan yang ramah (Bina Lingkungan).

Kedua, Mengembangkan semangat Gotong Royong dan disertai peningkatan Kesejahteraan Ekonomi, melalui pengembangan Potensi Individu dan Keluarga dalam mencapai kehidupan yang layak di Masyarakat (Bina Ekonomi)

Ketiga, Mengembangkan Budaya Malu dengan mewujudkan Kawasan Sehat, sesuai tatanan yang ada (Bina Manusia).

Dengan Visi dan Misi tersebut diharapkan Kelurahan Sehat akan tercapai jika kondisi Kelurahan aman, Nyaman, Bersih dan sehat untuk dihuni warganya dengan mengoptimalkan potensi masyarakat melalui pemberdayaan kelompok kerja masyarakat, difasilitasi oleh sector terkait da nada sinkronisasi dengan Perencanaan Kelurahan Melalui Musrenbangkel.

  1. DASAR HUKUM
  2. Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri Dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 dan Nomor : 1138/MENKES/PB/VIII/2005 TENTANG Penyelenggaraan Kota Sehat.
  3. SK Walikota Malang No. 188.45/186/35.71.112/2012 Tanggal 20 April 2012.
  4. SK Lurah Sumbersari

 

  1. PROGRAM KERJA POKJA SEHAT KELURAHAN SUMBERSARI
    • Bidang Organisasi
  2. Melaksanakan program kerja Forum Malang Kota sehat dalam rangka mempertahankan prestasi yang pernah diraih.
  3. Meningkatkan koordinasi dan Kerja sama dengan Pemerintahan Kelurahan Sumbersari dalam rangka mewujudkan Malang Kota Sehat.
  4. Meningkatkan Koordinasi dan Kerja sama dengan lembaga lembaga masyarakat dalam rangka pembangunan dan kemajuan Kelurahan Sumbersari
  5. Meningkatkan Kinerja Pengurus dengan jalan mengadakan rapat rutin.
    • Bidang Administrasi
  6. Membuat Papan Nama Pokja Sehat Kelurahan Sumbersari
  7. Meningkatkan dan melengkapi administrasi
  8. Membuat Daftar struktur Organisasi
  9. Pembagian tugas Kerja dengan membentuk seksi seksi
  10. Membuat Tugas Pokok dan Fungsi Para Pengurus
  11. Menyusun Visi dan Misi Pokja Sehat Kelurahan Sumbersari
    • Bidang Keuangan
  12. Mengusulkan biaya operasional pokja kelurahan sehat melalui forum Malang Kota sehat dari Sumber APBD Kota Malang
  13. Mengusulkan Biaya Operasional Pokja Kelurahan Sehat kepada Pemerintah Kelurahan Sumbersari melalui anggaran OPD/SKPD
  14. Mengusulkan Biaya Operasional Pokja Kelurahan Sehat Kepada LPMK Sumbersari melalui Dana Hibah.
  15. Mengusahakan dana partisipasi Masyarakat/Instansi/Perusahaan yang tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku.
    • Bidang Pendidikan/Sosialisasi/Penyuluhan Kesehatan Masyarakat
  16. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam rangka penyuluhan dan Sosialisasi Kesehatan.
  17. Bekerja sama dengan BNN Kota Malang dalam rangka penyuluhan dan Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba
  18. Bekerja sama dengan LPM Universitas dalam rangka penyuluhan dan Sosialisasi kesehatan dan pemeriksaan Gratis.

 

 

 

 

 

7 TATANAN KOTA SEHAT DI KOTA MALANG

  1. KAWASAN PEMUKIMAN SARANA DAN PRASARANA SEHAT
No Tatanan Dilaksanakan (Ya/Tidak) Keterangan
1 ADA PROGRAM UDARA BERSIH Tidak
2 MENURUNNYA PENYAKIT ISPA/PNEMUMONIA ya FORUM MALANG KOTA SEHAT
3 MENURUNNYA KASUS TB PARU ya
4 UJI EMISI KENDARAAN R4 ya
5 UJI EMISI UDARA TIDAK BERGERAK Tidak
6 AIR SUNGAI TERLIHAT BERSIH/TIDAK TERDAPAT SAMPAH ATAU TINJA Ya
7 TERLARANG MEMBUANG SAMPAH/LIMBAH KE SUNGAI Ya
8 BANTARAN SUNGAI BEBAS DARI BANGUNAN LIAR Ya
9 PENINGKATAN CAKUPAN PELAYANAN AIR BERSIH Ya
10 PENINGKATAN CAKUPAN KUALITAS AIR MINUM Ya
11 PENINGKATAN PENGGUNAAN JAMBAN SEHAT Ya
12 ADA IPAL Ya
13 DRAINASE LANCAR TANPA GENANGAN Ya
14 PENURUNAN KASUS KAKI GAJAH -tidak
15 TIDAK ADA PENUMPUKAN SAMPAH Ya
16 ADA PEMILAHAN SAMPAH (3R) Tidak
17 TPA TIDAK MENCEMARI LINGKUNGAN -tidak
18 PSN DAN GJB BERJALAN BAIK Ya
19 TERSEDIA SARANA FASUM YANG CUKUP Tidak
20 ANGKA BEBAS JENTIK Tidak
21 BEBAS BANJIR Ya
22 PENINGKATAN RUMAH SEHAT Ya
23 MENURUNNYA KLB DIARE,DBD/ MALARIA Ya
24 MENINGKAT PEMANFAATAN PUSKESMAS Ya
25 WAJIB TANAM POHON BAGI WARGA Tidak
26 TERSEDIA TAMAN DAN HUTAN KOTA Tidak
27 PROSENTASE SEKOLAH SEHAT Ya
28 SARANA OLAH RAGA SEKOLAH Ya
29 PROGRAM PASAR SEHAT Tidak
30 LINGKUNGAN PASAR PERKOTAAN SEHAT Tidak
31 TOILET PASAR MEMENUHI SYARAT Tidak
32 LAHAR PARKIR PASAR PERKOTAAN Tidak
33 PENGATURAN DAN PENATAAN PEDAGANG Tidak
34 TERSEDIA SARANA OLAH RAGA Ya
35 TERSEDIA SARANA BERMAIN/REKREASI ANAK Tidak

7 TATANAN KOTA SEHAT DI KOTA MALANG

  1. KETAHANAN PANGAN DAN GIZI
No Tatanan Dilaksanakan (Ya/Tidak) Keterangan
1 MENINGKATNYA PRODOKSI TANAMAN PANGAN Tidak
2 PRESENTASE KECAMATAN BEBAS RAWAN GIZI Tidak
3 MENURUNNYA KASUS GIZI BURUK Ya
4 LUMBUNG PADI MASYARAKAT Tidak
5 KETERSEDIAAN PANGAN YANG CUKUP Ya
6 BERFUNGSINYA KOPERASI Ya
7 KASUS KERACUNAN PESTISIDA MENURUN Tidak
8 PENYULUHAN PENGENDALIAN HAMA Tidak
9 BERFUNGSINYA LEMBAGA DISTRIBUSI PANGAN Tidak FORUM MALANG KOTA SEHAT
10 PROGRAM PERTANIAN ORGANIK tidak

 

7 TATANAN KOTA SEHAT DI KOTA MALANG

  1. KEHIDUPAN MASYARAKAT SEHAT YANG MANDIRI
No Tatanan Dilaksanakan (Ya/Tidak) Keterangan
1 GERAKAN OLAH RAGA RUTINMASY/PERKANTORAN Ya
2 MENURUN PENGGUNAAN NAPZA Tidak
3 ADA ORMAS ANTI NAPZA/HIV/AIDS Tidak
4 PATUH TIDAK MEROKOK DI TEMPAT UMUM Tidak
5 GERAKAN ANTI MEROKOK tidak
6 FASUM UNTUK ORANG CACAT Tidak
7 MENURUNNYA SAKIT ISPA Ya
8 MENINGKATNYA KESEMBUHAN TB PARU BIA+ Ya
9 ANGKA KESAKITAN DIARE MENURUN Ya
10 ANGKA KESAKITAN MALARIA MENURUN Ya
11 ANGKA KESAKITAN DBD KEC.ENDEMIS MENURUN Ya
12 CAKUPAN PELAYANAN AIR BERSIH Ya
13 PEMERIKSAAN RUTIN KUALITAS AIR BERSIH Ya
14 MENINGKATNYA KUALITAS AIR BERSIH Ya
15 MASY. SADAR KE LAB. AIR BERSIH Ya
16 JASA BOGA/RESTORAN LAIK SEHAT Ya
17 PROGRAM BEDAH RUMAH/RUMAH SEHAT Ya
18 MENINGKATNYACAKUPAN PELAYANANKESEHATAN Ya
19 PELAYANAN KONSELING REMAJA Tidak
20 PEMERIKSAAN KESEHATAN RUTIN ANAK SEKOLAH Ya
21 MENINGKATNYA PROGRAM UKS Ya
22 PROGRAM DOKTER KECIL Ya
23 PERSALINAN TENAGA TERLATIH 100% Ya
24 TERSEDIANYA PELAYANAN KESEHATAN JIWA Tidak
25 KLINIK SANITASI BERFUNGSI Tidak
26 GANGGUAN MENTAL DITANGANI PEMERINTAH Ya
27 GERAKAN OLAH RAGA SECARA RUTIN Ya
28 ADA FASILITAS UMUM OLAH RAGA Ya
29 GERAKAN ANTI ROKOK, ALKOHOL DAN NARKOBA Tidak
30 PELAYANANKHUSUSPENANGGULANGAN NARKOBA Tidak
31 KASUS NARKOBA MENURUN Tidak
32 CAKUPAN IMUNISASI MENINGKAT Ya
33 POSYANDU PAUD BERFUNGSI Ya
34 CAKUPAN KUNJUNGAN PUSKESMAS Ya
35 GERAKAN PSN DI SEKOLAH, TTU Ya FORUM MALANG KOTA SEHAT
36 BEBAS JENTIK DI SEKOLAH Ya
37 GERAKAN PENYAKIT DEGENERATIF Ya
38 INFO RESIKO PENCEGAHAN PTM Ya
39 SEMUA KECAMATAN BEBAS RAWAN GIZI Ya
40 KELOMPOK PENANGGULANGAN MASALAH GIZI Ya
41 MENINGKATNYA KEP IBU HAMIL Ya
42 PENDERITA KRETIN BARU Ya
43 IBU HAMIL ANEMIA MENURUN Ya
44 KEKURANGAN VITAMIN A MENURUN Ya
45 KASUS GIZI BERLEBIH MENURUN Ya
46 KECAMATAN BEBAS RAWAN GIZI Ya
47 BBLR MENURUN Ya
48 PRESENTASI BAYI DAPAT ASI EKSKLUSIF Ya
49 KELUARGA SADAR GIZI MENINGKAT Ya
50 PERLINDUNGAN PENDUDUK MISKIN DENGAN JPKN ya FORUM MALANG KOTA SEHAT

 

7 TATANAN KOTA SEHAT DI KOTA MALANG

  1. KEHIDUPAN SOSIAL YANG SEHAT
No Tatanan Dilaksanakan (Ya/Tidak) Keterangan
1 ANGKA KEMISKINAN MENURUN Ya FORUM MALANG KOTA SEHAT
2 TIDAK ADA PENGEMIS DAN GELANDANGAN tidak  
3 PEMAKAI NARKOBA MENURUN tidak  
4 JUMLAH TUNA SUSILA MENURUN Ya  
5 RUMAH SINGGAH ANAK JALANAN tidak  
6 KURSUS PELATIHAN KERJA TENAGA INFORMAL tidak  
7 PENINGKATAN KREATIFITAS ANAK DAN PRODOKTIFITAS LANSIA Ya  
8 PROGRAM PENDIDIKAN PENANGANAN KECACATAN tidak  
9 FASILITAS KECACATAN DITEMPAT UMUM tidak  
10 FASILITAS KECACATAN DITEMPAT UMUM tidak  
11 PENANGANAN MASYARAKAT TERPENCIL tidak  
12 TRANSPORTASI DAERAH TERPENCIL tidak  
13 SARANA KESEHATAN PULAU TERPENCIL tidak  
14 SARANA TPA MEMENUHI SYARAT tidak  
15 PENANGANAN KASUS ANAK TERLANTAR , JOMPO/LANJUT USIA Ya  
16 PROGRAM KESIAPAN PENANGULANGAN BENCANA tidak  
17 KERUSUHAN/ANARKHIS MENURUN Ya  
18 MEMILIKI CONTIGENCY PLAN MASALAH BENCANA tidak FORUM MALANG KOTA SEHAT

 

7 TATANAN KOTA SEHAT DI KOTA MALANG

  1. KAWASAN INDUSTRI DAN PERKANTORAN SEHAT
No Tatanan Dilaksanakan (Ya/Tidak) Keterangan
1 ADA LOKASI KHUSUS INDUSTRI Tidak FORUM MALANG KOTA SEHAT
2 ADA RUANGAN KHUSUS PEROKOK DI PERKANTORAN Tidak  
3 PENATAAN KHUSUS UNTUK SEKTOR INFORMAL Tidak FORUM MALANG KOTA SEHAT
4 JAMINAN KESEHATAN BAGI PEKERJA Ya  
5 INDUSTRI TIDAK MENCEMARI LINGKUNGAN Ya  
6 MINIM KELUHAN PENCEMARAN INDUSTRI Ya  
7 MENURUNNYA ANGKA KECELAKAAN KERJA Ya  
8 ANGKA PENGANGGURAN RENDAH Tidak  
9 ADANYA DIKLAT DAN KURSUS DI BALAI LATIHAN KERJA Tidak  
10 Ada Upaya pemantauan lingkungan ya  

 

7 TATANAN KOTA SEHAT DI KOTA MALANG

  1. KAWASAN PARIWISATA SEHAT
No Tatanan Dilaksanakan (Ya/Tidak) Keterangan
1 TERSEDIA INFORMASI OBJEK WISATA Ya  
2 ADA INFORMASI SARANA KESEHATAN UNTUK WISATAWAN DI LOKASI Tidak FORUM MALANG KOTA SEHAT
3 SELURUH HOTEL LAIK SEHAT Ya  
4 SELURUH RESTORAN/RUMAH MAKAN LAIK SEHAT Ya  
5 MENINGKATNYA JUMLAH WISATAWAN Ya  
6 WISATAWAN TELAH DIASURANSIKAN Tidak  
7 TIDAK TERJADI KERACUNAN MAKANAN Ya  
8 MENURUNNYA KASUS KECELAKAAN DI TEMPAT WISATA Tidak  
9 TRANSPORTASI TERSEDIA DI DAERAH WISATA Tidak  
10 ADANYA TANGGAP DARURAT/BALAI KESELAMATAN Tidak  
11 TERSEDIANYA FASILITAS UMUM DI OBYEK WISATA Tidak  
12 ADA POLISI PARIWISATA Tidak  
13 ADANYA POKDARWIS Ya Tidak  

 

7 TATANAN KOTA SEHAT DI KOTA MALANG

  1. KAWASAN TERTIB LALU LINTAS DAN PELAYANAN TRANSPORTASI
No Tatanan Dilaksanakan (Ya/Tidak) Keterangan
1 ADA KAWASAN CAR FREE DAY Tidak FORUM MALANG KOTA SEHAT
2 KONDISI TERMINAL BERSIH, TERATUR DAN RAPI tidak
3 TERDAPAT FASILITAS UMUM DI TERMINAL Tidak
4 KRIMINALITAS/KELUHAN KRIMINAL DI TERMINAL BERKURANG Tidak
5 ADANYA LARANGAN MEROKOK DI TERMINAL DAN KENDARAAN UMUM Tidak
6 ADA PEMERIKSAAN KELAYAKAN KENDARAAN SECARA RUTIN Tidak
7 ADANYA PEMERIKSAAN EMISI SECARA RUTIN KENDARAAN  UMUM (BUKTI Tidak
8 ANGKA KECELAKAAN BERKURANG Tidak
9 ADANYA FASILITAS PEJALAN KAKI Tidak
10 KENDARAAN UMUM BERSIH DAN BEBAS ROKOK Tidak
11 PEMERIKSAAN KESEHATAN RUTIN KEPADA PENGEMUDI (BUKTI  SK) Tidak
12 MELAKSANAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL Tidak
13 AADANYA PEMANTAUAN KUALITAS UDARA AMBIENT DITERMINAL Tidak
14 TERSEDIA HALTE YANG MEMENUHI SYARAT Tidak
15 TERSEDIA RAMBU PERINGATAN DIDAERAH RAWAN KECELAKAAN Tidak POKJA SEHAT KEL. SUMBERSARI
16 MENURUNNYA TINGKAT LAKA LANTAS Tidak
17 BERKURANGNYA TINGKAT KEMACETAN / KEPADATAN LALU LINTAS Tidak POKJA SEHAT KEL. SUMBERSARI
18 ADANYA PENGATURAN JALUR KHUSUS BAGI KENDARAAN UMUM, PRIBADI, MOTOR, SEPEDA DAN PEJALAN KAKI Ya
19 ADANYA BENGKEL PEMANTAU EMISI GAS BUANG Tidak
20 ADANYA PROGRAM  PELATIHAN SMART DRIVING UNTUK PENGEMUDI Tidak