Pj. Wali Kota Malang Beberkan Rangkaian Agenda HUT ke-110 Kota Malang

Berbagai acara akan digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-110 Kota Malang pada tanggal 1 April 2024 mendatang. Rangkaian ini diawali dengan Rapat Paripurna Istimewa bersama dengan DPRD Kota Malang hari ini, Sabtu (30/3/2024).

Kemudian akan dirangkaikan dengan panjatan doa bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), pemberian santunan, tradisi blanggur, buka puasa bersama dan salat berjamaah di salah satu masjid tertua di Kota Malang.

Demikian yang disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat mengikuti Rapet Paripurna. Setelah itu, pada hari  HUT Kota Malang akan diawali dengan salat subuh berjamaah, ziarah kubur ke Makam Ki Ageng Gribig di Madyopuro, dan kemudian dilanjutkan dengan upacara di halaman Balai Kota Malang.

Wahyu mengatakan, bahwa akan ada agenda napak tilas ke tempat-tempat bersejarah. Seperti yang kemarin telah dilakukan yakni ke Gedung Cendrawasih atau yang sekarang lebih dikenal dengan Gedung Kesenian Gajayana Malang.

Agenda napak tilas berikutnya ke Stadion Gajayana sekaligus untuk memperingati satu abad stadion kebanggaan Kota Malang. “Nanti akan ada banyak kegiatan, misalnya sepak bola oleh para pemain legendaris, kemudian beberapa kegiatan lain untuk mengingat kembali stadion Gajayana, termasuk peluncuran buku satu abad,” katanya.

Sejumlah agenda tersebut dikatakannya akan lebih banyak digelar setelah Hari Raya Idulfitri 2024. Sedangkan terkait tema HUT Kota Malang yaitu “Berselaras untuk Kota Malang Berkelas’, tema ini mengandung makna ajakan kebersamaan oleh Pemkot Malang kepada semua komponen yang ada, mulai dari DPRD, komunitas, akademisi, media, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Dengan kebersamaan atau berselaras ini, maka akan melahirkan Kota Malang yang berkelas. Dalam konteks ini, dengan berselaras maka semua program bisa berjalan dengan baik, sehingga ke depan Kota Malang akan lebih baik dan lebih maju lagi,” pungkas Wahyu.