Walikota Malang Apresiasi Gelaran Parade UMKM BRI
Klojen, MC – Parade UMKM BRI 2017 yang digelar di luar Stadion Gajayana Kota Malang, Jum’at (19/5) diikuti oleh ratusan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah. Acara UMKM ini merupakan wadah atau sarana promosi yang sangat tepat di era pasar bebas.
Walikota Malang H. Moch. Anton memberikan respon positif bagi BRI yang mempunyai kepedulian besar terhadap UMKM. Ia berharap momen ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha mikro dan menengah ini.
“Kami dari Pemkot Malang sangat berterima kasih kepada BRI dan program ini sejalan dengan yang dicanangkan oleh pemkot,” ujarnya.
Pria yang akrab disapa Abah Anton itu bersama Direktur BRI Susy Liestiowaty langsung membuka acara Parade UMKM 2017. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama dengan berbagai pihak. Pemkot Malang juga menerima bantuan dana melalui corporate social responsibility (CSR) pengobatan gratis bagi warga Kota Malang.
“Ke depan, para pelaku UMKM ini harus terus berkreasi dan mempunyai inovasi, sehingga produk yang mereka hasilkan dapat memenuhi kebutuhan pasar. Dengan demikian, pelaku UMKM ini pun dapat menembus pasar nasional, bahkan internasional. Terkait hal tersebut, mutu dan kualitas produk, menjadi pertaruhan penting untuk memasuki era pasar global,” imbuh Abah Anton.
Lebih jauh Politisi PKB itu mengatakan, dengan adanya rumah kreatif yang dimotori BRI, juga menjadi sarana pemacu tumbuh kembangnya UMKM, sehingga mereka mempunyai wadah yang lebih luas.
“Sejauh ini potensi dan kualitas produk UMKM sudah baik, dan hal itu harus terus dijaga serta ditingkatkan,” tegas Abah Anton.
Hal senada juga disampaikan Susy Liestiowaty, bahwa pelaku UMKM harus naik kelas, agar mampu menghadapi berbagai tantangan maupun persaingan.
“Kami pun akan memberikan sarana dan wadah yang memadai. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, dan BRI akan berupaya semaksimal mungkin,” ungkap Susy Liestiowaty.
UMKM, lanjutnya, adalah salah satu penyanggah ekonomi, baik regional maupun nasional, sehingga harus dapat memenuhi permintaan pasar. Selain pelatihan, BRI juga akan memberdayakan para pelaku UMKM seperti halnya terkait pemasaran dan mempertemukan dengan calon konsumen.
“Selama ini kedua hal itulah yang sering menjadi permasalahan bagi pelaku UMKM. Oleh sebab itulah BRI akan mengoptimalkannya,” pungkasnya. (say/ram)