Pj. Wali Kota Malang Tinjau Kantor Bawaslu Kota Malang

Meninjau kesiapan serta hal lain terkait pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 mendatang, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Plus mengunjungi Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Malang, Rabu (24/1/2024).

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menilai Kantor Bawaslu Kota Malang yang berada di Jl. Teluk Cendrawasih itu kurang representatif, dan membutuhkan alernatif lokasi lain yang lebih baik.

“Kita melihat dari kondisi bangunan dan tempat yang kurang representatif. Ini membutuhkan banyak evaluasi. Lokasinya pun berada di tengah perkampungan, mengingat jam kerjanya sampai larut malam,” beber Wahyu.

Terkait program kegiatan yang dilakukan Bawaslu, Wahyu menegaskan tidak ada masalah, baik itu terkait alat peraga kampanye, termasuk juga Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Kota Malang Mochamad Arifudin mengatakan Kantor Bawaslu memang kurang representtatif, sehingga pihaknya berharap permintaan kantor baru dapat diakomodir. “Sebenarnya permintaan kami ini sudah lama. Kebetulan hari ini Pj. Wali Kota Malang datang bersama Forkopimda dan memang tempatnya dinilai tidak representatif,” terang Arifudin.

Arifudin menyebutkan bahwa Bawaslu Kota Malang sudah melakukan pengawasan secara maksimal. “Kami sudah maksimal dalam melakukan pencegahan sampai penindakan, khususnya dalam pengawasan kampanye yang sudah berlangsung sejak 28 November 2023 hinga saat ini,” jelas Arifudin.