Hadapi Pemilu 2024, Apel Kesiapsiagaan dan Jambore Satlinmas Digelar

Apel Gelar Pasukan dan Jambore Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Malang dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 digelar di Kawasan Wisata Lembah Dieng Malang, Rabu (27/12/2023).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin yang menjadi fokus perhatian anggota Satlinmas. Dalam konteks menghadapi Pemilu 2024, Wali Kota Malang menyoroti pentingnya menjaga tingkat kewaspadaan dan mengimbau anggota Satlinmas untuk melaporkan segala hal mencurigakan dengan akurat dan tepat waktu.

Peran Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Malang, terutama selama masa-masa penting pemilihan umum disebutkan Wahyu sangat penting. “Saya berharap kegiatan ini bukan hanya sebagai media berkumpul saja, namun juga sebagai ajang membentuk satlinmas sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan keamanan Kota Malang,” jelasnya.

Wahyu pada kesempatan ini mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk Satlinmas untuk menjadi pelopor sikap bijaksana, menjunjung tinggi toleransi, dan memupuk semangat kebersamaan. “Tujuannya adalah menciptakan atmosfer yang positif, penuh kepercayaan, dan harmonis dalam menghadapi Pemilu tahun 2024, sehingga Malang tetap menjadi kota yang aman, nyaman, dan damai,” tutur Wahyu.

Menambahkan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang, Heru Mulyono, S.IP., MT mengatakan bahwa Apel Kesiapsiagaan dan Jambore Satlinmas ini diadakan untuk memastikan kesiapan anggota Satlinmas di tingkat kelurahan dalam menghadapi Pemilu 2024. Kegiatan ini diikuti 684 orang satlinmas kelurahan, 15 orang satlinmas kecamatan, dan 30 orang satgas linmas kota.

Sementara itu salah satu peserta mengungkapkan jika kegiatan ini sangat membantu karena ilmu dan pengalaman baru didapatkannya, seperti pendalaman PBB dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. “Semoga kegiatan semacam ini dapat digelar lagi untuk terus meningkatkan kualitas Satlinmas Kota Malang,” katanya.

Melalui Apel Kesiapsiagaan dan Jambore Satlinmas ini harapannya keberadaan Satlinmas dapat memberikan kontribusi maksimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama periode Pemilu 2024, dan menjadikan Kota Malang tetap kondusif dan harmonis.