Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Pangan Kepada 1000 KPM di Kota Malang

Presiden RI Joko Widodo secara simbolis menyerahkan bantuan pangan berupa beras masing-masing 10 kg kepada 1.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Gudang Perum Bulog Kota Malang pada Kamis, 14/12/2023.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga memastikan apakah bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga terdampak El nino senilai Rp 400ribu untuk bulan November dan Desember apa sudah diterima warga. Pasalnya, bantuan pangan dan BLT ini akan dilanjutkan pada 2024 guna membantu warga yang kurang mampu.

“Ini yang bulan September, Oktober, November, Desember, sudah diterima semua. Sudah semua? Nanti akan dilanjutkan bulan Januari, Februari, Maret. Kemudian yang BLT El nino sudah diterima? Memang ada yang sudah, ada yang belum karena memang masih minggu-minggu ini baru proses keluar, tolong dicek,” imbuhnya.

Lebih lanjut Jokowi berharap apabila bantuan bulan Januari, Februari dan Maret sudah keluar, ia berharap anggaran tercukupi sehingga dapat berlanjut untuk bulan April, Mei, dan Juni.

Terkait bantuan pangan tersebut, menurut Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi menyampaikan bahwa tahun ini ada 21,3 juta KPM yang menerima bantuan beras cadangan pemerintah tersebut. Sedangkan tahun depan diprediksi akan berubah menjadi 22 juta KPM dan bantuan ini sangat dibutuhkan para penerimanya.

“Jadi kalau masyarakat yang menengah ke atas itu untuk makan seminggu kedepan sudah tahu uangnya ada. Tapi untuk saudara-saudara kita, sedulur kita yang 22 juta ini memang sangat memerlukan”, tegasnya.

Pemberian bantuan ini merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat daya beli masyarakat. Hal ini dikarenakan sejumlah harga kebutuhan naik, terutama beras yang diakibatkan oleh menyusutnya produksi beras akibat bencana El nino.