Anugerah Kampung Wisata 2023 Wujud Apresiasi Kampung Tematik

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang menggelar Anugerah Kampung Wisata 2023 di Hotel Pelangi, Kamis (23/11/2023). Anugerah Kampung Wisata 2023 merupakan apresiasi untuk Kampung Tematik yang menjadi destinasi andalan wisata di Kota Malang.

“Anugerah Kampung Wisata 2023 digelar sebagai wujud apresiasi semangat Kampung Tematik untuk terus mendukung sektor pariwisata di Kota Malang. Sebelumnya, 23 kampung tematik di Kota Malang telah dilakukan monitoring dan evaluasi serta penilaian oleh dewan juri,” jelas Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi, S.Pd, SE, M.Si.

Apresiasi ini tujuannya adalah untuk mendorong semangat kampung tematik dalam mengembangkan dan memajukan sektor pariwisata, diantaranya dengan menciptakan destinasi yang nyaman dan aman bagi para pengunjung atau wisatawan yang datang sehingga dapat menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Malang.

“Melalui penghargaan ini diharapkan dapat memberi semangat dan motivasi bagi Kampung Wisata Tematik yang ada di Kota Malang untuk terus berinovasi, sehingga dapat berkontribusi pada sektor pariwisata Kota Malang,” bebernya.

Dijelaskannya bahwa sektor pariwisata dan kegiatan ekonomi kreatif saat semakin berkembang pesat di Kota Malang. Hal ini menunjukkan bahwa geliat wisata kampung kota dan ekonomi masyarakat semakin bangkit. Kota Malang sendiri memiliki 53 destinasi wisata, sebanyak 23 destinasi diantaranya adalah kampung tematik. Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang, ini menjadi peluang yang luar biasa untuk pengembangan kampung-kampung tematik agar semakin maju dan mandiri.

Kegiatan Anugerah Kampung Wisata 2023 dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, S.T, MT mewakili Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang.

Adapun Kampung Tematik yang menerima penghargaan di ajang Anugerah Kampung Wisata 2023 ini adalah Kampung Warna-Warni Jodipan di Kategori Data Kunjungan Terbanyak, Kampung Sanan Tempe di Kategori Terkreatif, Kampung Glintung Water Street di Kategori Pelestari Lingkungan Terbaik dan Kampung Gribig Religi di Kategori Pemandu Lokal Terbaik.