Dinas Kominfo Gelar Pelatihan Evaluasi Infrastuktur Telematika

Dinas Kominfo Gelar Pelatihan Evaluasi Infrastuktur Telematika

Dinas Kominfo Gelar Pelatihan Evaluasi Infrastuktur Telematika

 

Blimbing,MC – Berkembangnya teknologi yang kian hari kian berkembang pesat, dibutuhkan sumber daya manusia di Kota Malang  yang mumpuni agar bisa mengambil banyak manfaat. Dinas Kominfo Kota Malang melalui bidang Aplikasi dan Telematika (Aptika) menggelar workshop Monitoring dan Evaluasi  Infrastruktur Telematika Kota Malang di Hotel Savana, Kamis (1/9).

workshop Monitoring dan Evaluasi  Infrastruktur Telematika Kota Malang di Hotel Savana, Kamis (1/9)
Workshop Monitoring dan Evaluasi Infrastruktur Telematika Kota Malang di Hotel Savana, Kamis (1/9)

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Zulkifli Amrizal S.Sos., M.Si mengungkapkan monitoring dapat didefinisikan sebagai suatu proses mengukur, mencatat, mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi. Dari berbagai proses itu, nantinya akan dapat digunakan untuk membantu keputusan manajemen program.

Monitoring selain digunakan untuk mengukur kegiatan yang sudah berjalan, juga dapat digunakan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses kegiatan selanjutnya,” jelas Zulkifli Amrizal S.Sos., M.Si.

Dengan pelaksanaan monitoring yang sungguh-sungguh akan memberikan sumbangan tertentu terhadap pengendalian, pelaksanaan dan perbaikan suatu kegiatan. Melalui acara yang digelar Kominfo ini diharapkan permasalahan yang muncul dari infrastruktur Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) di Kota Malang dapat diketahui, diminimalisir dan diperbaiki.

“Kegiatan ini juga digunakan untuk mengukur proses perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian kinerja yang telah dilaksanakan,” terangnya.

Sebagai tindak lanjut dari monitoring dan evaluasi untuk mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan SDM, maka kegiatan kali ini diisi workshop dasar jaringan komputer. Dengan adanyaworkshop dasar jaringan komputer ini, SDM pengelola TIK di masing-masing SKPD di Kota Malang bisa menangani masalah yang terjadi saat ada jaringan bermasalah.

Ke depan, selain masalah jaringan berbagai pelatihan dengan tema yang lain juga akan terus dilakukan terkait tugas pokok sebagai pengelola TIK di masing-masing SKPD. Kadis Kominfo juga berharap adanya masukan dan kritikan terkait pengelolaan TIK di Kota Malang guna menunjang dan meningkatkan pelayanan publik.

“Teknologi informasi baru yang ada saat ini hampir bisa menghilangkan biaya fisik komunikasi dan meringankan beban kerja serta mendekatkan jarak. Jika kita bisa menggunakan teknologi secara bijak, maka kita juga yang akan menuai hasil,” pungkasnya. (cah/may)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *