«

»

Jul 01

Tips Mudik Lebaran : SEHAT, AMAN DAN SELAMAT

Tips Mudik Lebaran : SEHAT, AMAN DAN SELAMAT

tips mudik

Mudik merupakan sesuatu hal yang spesial di negara kira, karena mudik ini dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat pada saat yang bersamaan yaitu pada saat menjelang Hari Raya lebaran Idul Fitri. Hal tersebut dilakukan sebagai ajang silaturahmi antara kolega di kampung halaman.

Bagi yang ingin mudik, harus diperhatikan beberapa tips dan trik yang kami berikan, agar perjalanan mudik anda Sehat, aman dan selamat sampai tujuan.

TIPS PENGAMANAN RUMAH SAAT  DITINGGAL MUDIK 

Seiring dengan banyaknya jumlah pemudik meninggalkan rumah mengakibatkan terjadinya kekosongan yang cukup signifikan diperkotaan. Berikut ini tips aman meninggalkan rumah saat  ditinggal mudik

1. Kunci semua pintu dan jendela. Sebelum meninggalkan rumah pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci.

2. Cabut listrik dan gas untuk meminimalisir resiko kebakaran. Untuk menghindari resiko kebakaran akibat kenaikan daya yang menyebabkan konsleting listrik, matikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan, cabut kabel dari stop kontak.

3. Matikan saluran utama PAM dan keran air. Sebelum pergi pastikan saluran utama PAM dan keran tidak mengalir.

4. Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan rumah sedang dalam keadaan kosong agar tidak menarik perhatian pelaku kejahatan.

5. Simpan barang berharga ditempat yang paling aman. Simpan barang-barang berharga seperti surat-surat penting, uang dan perhiasan ditempat yang paling aman.

6. Titipkan rumah pada orang yang dipercaya. Titipkan rumah pada kerabat atau tetangga yang tidak mudik. Jangan Lupa Pamitan Kepada Ketua RT setempat dan tetangga agar mereka bisa turut mengawasi rumah anda.

7. Pasang alarm keamanan dan kamera pengintai (CCTV). Bila diperlukan, pasang alarm keamanan dan kamera pengintai dibeberapa titik rawan kejahatan dirumah seperti halaman, ruang tamu dan kamar tidur.

TIPS PERSIAPAN SEBELUM MUDIK

Sebelum memulai perjalanan sebaiknya anda memastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi prima. Berikut Tips yang harus diperhatikan jika anda membawa kendaraan sendiri saat mudik

1. Bagian yang paling penting adalah mesin kendaraan, periksa dan bersihkan karburator, filter udara, filter bbm dan ganti busi, lakukan tune-up secara menyeluruh.

2. Ganti oli mesin yang berkualitas agar mesin prima.

3. Periksa kondisi rem dan cairan rem (brake fluid) dan pastikan sistem pengereman bekerja sempurna.

4. Periksa accu, pastikan air aki cukup agar sel-nya dapat menyimpan listrik lebih baik.

5. Periksa tekanan ban, biasanya petunjuk tekanan ban terdapat di pintu pengemudi. siapkan selalu ban serep, kunci roda dan dongkrak.

6. Periksa kondisi lampu dekat, lampu jauh, sein dan lampu hazard, bawa lampu dan sekering cadangan.

7. Bawa juga perlengkapan P3K, segitiga pengaman, senter dan jika perlu GPS dan  Aplikasi Peta atau Peta Kota yang anda lewati hingga sampai Tujuan

8. Ketahui kuota kendaraan anda. Dan harus anda ketahui sepeda motor tidak di desain unutuk perjalanan jauh. Karena itu maka akan sangat berbahaya jika barang bawaan anda banyak dan melakukan perjalanan jauh. Salah satunya solusi yang mungkin dapat anda pertimbangkan adalah dengan sewa mobil, hal ini tentu akan lebih aman di bandingkan anda menggunakan sepeda motor.

9. Bawalah Barang secukupnya, terutama jika anda mudik dengan Fasilitas Angkutan Umum

10. Pelajari Rute Perjalanan anda ke Tempat Tujuan Mudik termasuk rute alternatif untuk menghindari Kemacetan dan Jangan Lupa persiapan fisik dan menjaga Kesehatan untuk persiapan mudik.

11. Jangan Lupa Berdoa sebelum Berangkat.

TIPS SELAMA PERJALANAN MUDIK

1. Cukup istirahat palling tidak sehari sebelum berangkat.

2. Tentukan waktu perjalanan, jangan terlalu malam agar tidak mengantuk.

3. Jangan konsumsi obat yang menyebabkan kantuk.

4. Jika mengantuk beristirahatlah. Gunakan Rest Area yang telah disediakan.

5. Makan dan minum cukup agar tubuh terasa fit dapat juga minum vitamin atau supplemen.

6. Catat nomor telepon penting, seperti nomor telepon Polisi, Posko-posko untuk bantuan darurat.

7. Jika anda akan menggunakan jasa penyeberangan, pastikan anda membeli tiket dan mengantrilah menuju ke kapal.

8. Jika anda menggunakan Angkutan Umum Jangan mau diberi makanan atau minuman oleh Orang tak dikenal. Waspadai orang yang sok akrab dan sok kenal, biasanya itu modus gendam.

Demikian tips dari Kami, Kelurahan Sumbersari mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dan semoga perjalanan mudik anda bisa membawa berkah dan meningkatkan tali silaturahim dengan keluarga dan kerabat.

2 comments

  1. biodata

    sangat bermanfaat,makasih tips nya…

    1. kelsumbersari

      Sama Sama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>