Mensos RI Resmikan E-Warung, Solusi Mengentaskan Kemiskinan

Mensos RI Resmikan E-Warung, Solusi Mengentaskan Kemiskinan

Mensos RI Resmikan E-Warung, Solusi Mengentaskan Kemiskinan

 

Lowokwaru,MC – Upaya mengurangi angka kemiskinan di Indonesia, Kementerian Sosial membuat program percontohan pemberdayaan masyarakat miskin dan dimulai dari Kota Malang. Salah satu programnya adalah e-warung yang diresmikan langsung di Jl Ikan Tombro, Kota Malang, Senin (27/6).

Mensos RI resmikan e-warung
Mensos RI, Khofifah Indar Parawansa resmikan e-warung, Senin (27/6)

Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan Kota Malang dipilih sebagai tempat percontohan e-warung karena kota ini memiliki fasilitas yang mencukupi dan pemerintahan yang mendukung. E-warung sendiri merupakan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) – Program Keluarga Harapan (PKH) – Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS).

“Melalui e-warung kami ingin menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia, melalui kartu Bisa yang difasilitasi bank BNI,” tegas Menteri Khofifah.

E-warung bisa menjadi terobosan jitu untuk menutup kemungkinan adanya pemotongan dana bantuan kepada masyarakat miskin dan mengurangi angka kemiskinan melalui usaha bersama. Bantuan dilakukan langsung dengan transfer ke rekening penerima bantuan.

Dengan adanya Kartu Bisa dari BNI bisa menjadi tabungan dan alat transaksi non tunai. Saat ini, dana keluarga harapan dari Kementerian sosial sudah mencapai angka Rp 1,6 triliun, bantuan sosial PKH 9,8 triliun dan akan dinaikan jumlahnya menjadi Rp 12,7 triliun di tahun 2017. (cah/may)

Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id/2016/06/mensos-ri-resmikan-e-warung-solusi-mengentaskan-kemiskinan/#ixzz4CwBM5Yp4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *