Diskominfo Gelar Pelatihan Pengolahan Media Sosial

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang menggelar Pelatihan Pengolahan Media Sosial di Hotel Grand Mercure Malang Mirama, Senin (15/5/2023). Pelatihan yang ditujukan bagi warga masyarakat ini diharap mampu meningkatkan literasi dalam mengolah konten media sosial yang edukatif dan inspiratif.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji yang hadir membuka kegiatan menyampaikan pentingnya memanfaatkan media sosial dengan baik. Menurutnya media sosial ini menjadi sarana untuk melakukan dan menyalurkan kebaikan.

“Saya harap kita bisa bijak bermedia sosial. Ketika bijak, kita harus saring sebelum sharing. Kedua, media sosial itu menjadi alat untuk melakukan kebaikan, menyuarakan kebaikan, menyampaikan kebaikan, dan memitigasi apa yang tidak baik,” tutur pria berkacamata tersebut.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, S.Sos, mengungkapkan walau tingkat penggunaan media sosial terbilang tinggi, namun kurang diimbangi dengan keterampilan dalam mengolah media sosial, sehingga pemanfaatan media sosial menjadi kurang maksimal.

“Keterampilan mengolah media sosial sangat diperlukan untuk berbagai tujuan, seperti perencanaan strategi komunikasi digital, pengolahan media sosial multi-platform, serta monitoring dan evaluasi performa dari media sosial yang digunakan oleh pribadi maupun organisasi,” bebernya.

Pria yang akrab disapa Wiwid ini menyebut bahwa banyak kemudahan yang didapat dari media sosial, yakni untuk berinteraksi dan berkolaborasi dalam meningkatkan berbagai potensi yang ada di masyarakat.

Pelatihan ini digelar dalam tiga tahap dengan total peserta 273 peserta yang merupakan perwakilan masyarakat seluruh wilayah kecamatan di Kota Malang dan merupakan usulan dari Musrenbang tematik (anak, pemuda, dan disabilitas).