TAMAN KANAK KANAK DIAN AGUNG

 

PROFIL TK DIAN AGUNG MALANG

 

 

Anak adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga setiap orang yang di karunia anak wajib membimbing dan menyayangi dengan memberikan upaya yang terbaik untuk anak sejak dini, karena anak adalah harapan masa depan keluarga dan bangsa.

Kehadiran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menjadi bagian dan sistem Pendidikan Nasional Indonesia menjadi sangat penting bagi peletakan dasar pendidikan anak seperti tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. PAUD merupakan salah satu kunci mengatasi keterpurukan bangsa.

Pendidikan Anak Usia Dini dilakukan dengan tujuan memberi konsep yang baik bagi anak melalui pengalaman nyata dan bermakna, karena hanya melalui pengalaman nyata dan bermaknalah anak dapat menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu secara optimal dengan menempatkan posisi pendidikan sebagai pendamping, pembimbing serta, fasilitator bagi anak sehingga menghindari  bentuk pembelajaran yang berorientasi pada kehendak guru yang menempatkan anak secara pasif dan guru menjadi dominan.

Pada masa usia ini anak mengalami masa keemasan yang merupakan masa dimana anak mulai mengalami perkembangan sehingga mereka mulai peka untuk menerima berbagai rangsangan. Maka kepekaan masing-masing anak berbeda seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, seni, bahasa, emosional, agama dan moral.

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan pada anak. Keberhasilan pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Demikian juga keberhasilan penyelenggara pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini seperti kelompok bermain sangat tergantung pada system dan proses pendidikan yang dijalankan.

Perkembangan ilmu dan tekonologi yang demikian cepat menjadikan persaingan sumber daya manusia demikian tajam makin mengukuhkan bahwa pendidikan di masa depan tidak hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan semata, tetapi sangat penting adalah pengembangan karakter yang kuat, gigih, dan kreatif. Dalam pola pengembangan sumber daya manusia yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan komposisi yang berbeda. Semakin awal jenjang pendidikan tersebut semakin besar komposisi pengembangan kompetensi sikap.

Sebagai jenjang pendidikan yang paling dasar, Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan menjadi fondasi kuat untuk membentuk sikap dan karakter peserta didik. Pengembangan sikap memerlukan proses yang konsisten dalam jangka waktu lama. Namun demikian pelaksannannya tetap disesuaikan dengan cara belajar anak usia dini yang dilaksanakan dengan melalui kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. Hal terpenting dalam pengembangan sikap adalah keteladanan lingkungan sekitar anak yang menjadi model bagi anak didik. Tanpa hal penting ini pengembangan sikap baik akan menjadi sia-sia.

TK Dian Agung adalah lembaga yang berdiri sejak tahun 1982 beralamat di Jalan Bendungan Sigura-gura 31 Malang merupakan lembaga pendidikan yang telah berbadan hukum sesuai dengan akta notaris No 719/III.04.2.1/R.6.82 dan Nomor Statis 002056104045. Learning dan teaching yang dikembangkan TK Dian Agung Malang di bawah kendali TP. PKK. Kelurahan Sumbersari mengutamakan pembentukan karakter anak yang merdeka, mandiri, dan bertanggung jawab, mampu menghadapi problema dan tantangan hidup dalam kehidupan bermasyarakat dengan tujuan memperkokoh fondasi kerangka berpikir anak agar dapat mengikuti proses pendidikan di jenjang yang lebih tinggi agar nantinya anak mampu berperan sebagai mesin pendorong munculnya potensi-potensi kecerdasan, kesuksesan dan aktualisasi diri.

Visi TK Dian Agung yaitu menumbuhkan potensi, karakter, bakat dan minat anak sesuai tahap perkembangannya melalui kegiatan bermain sambil belajar agar menjadi anak yang berilmu dan berakhlak mulia.

Sedangkan misi TK Dian Agung yaitu:

  1. Mewujudkan arena permainan yang edukatif, kondusif, sehat, aman dan nyaman.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  3. Menumbuhkembangkan bakat dan minat dalam bidang akademik dan non akademik.
  4. Menanamkan sikap dan perilaku yang berbudi pekerti luhur.

Kegiatan pembelajaran TK Dian Agung selama 6 hari mulai dari hari senin sampai dengan sabtu dari jam 07.15 WIB hingga 10.00 WIB. Terdapat ekstrakulikuler mewarna setiap hari kamis dan makan bersama setiap hari sabtu.

Setiap bulannya anak didik TK Dian Agung akan melakukan kegiatan belajar di luar sekolah sebagai bentuk pembelajaran yang dinilai efektif dalam pemenuhan pemahaman anak tentang hal-hal yang ada di lingkungan sekitar.

DATA PENGAJAR TK DIAN AGUNG

No Nama Alamat TTL Pendidikan SK
1. Siskarini Ibadillah, SH Jl. Alpaka 68 Malang Malang,

8-7-83

S1 06/SK/VII/2012
2. Kusmiati Jl. MT. Haryono 17 no 49 Malang Malang,

27-7-77

SMEA 02/ TP PKK SBSR/X/2012

FORMAT DATA SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH

NO JENIS STATUS BAIK RUSAK RINGAN RUSAK BERAT JUMLAH KET
1. Ruang Guru Milik 1 1
2. Ruang Kelas A Milik 1 1
3. Ruang Kelas B Milik 1 1
4. Kamar Mandi MIlik 1 1
5. Gudang Milik 1 1
6. Tempat Bermain Milik 1 1

JADWAL PEMBELAJARAN

 

No Waktu Kegiatan Keterangan
1.

 

2.

 

 

3.

 

4.

 

5.

07.00 – 07.30

 

07.30 – 08.00

 

 

08.00 – 09.00

 

09.00 – 09.30

 

09.30 – 10.00

Upacara, Senam Pagi

 

Kegiatan Awal, Ice Breaker, Pendahuluan

 

 

Kegiatan Inti

 

Istirahat

 

Kegiatan Akhir

(Penutup)

 

 

Kegiatan Olah raga dan Makan Bersama dilaksanakan setiap hari Sabtu

Kegiatan Pembelajaran

sholat berjamaah

Kegiatan Sholat Berjamaah

kunjungan ke perpus

Kunjungan ke Perpusatakaan Kota

bermain di kelas

Bermain bersama di sekolah

makan bersama

Kegiatan Makan Bersama

susun puzle

Lomba Menyusun Puzzle

bermain

Bermain Tepuk-tepuk

senam bersama

Senam Ceria

kartinian

Kegiatan Kartinian

DSCF7866

Kegiatan Lomba Mewarna