BPJS Kesehatan KCU Malang Optimalkan Pelayanan
Klojen, MC – BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial_red) Kesehatan Kantor Cabang Utama (KCU) Malang meningkatkan pelayanannya dengan membuka dan memaksimalkan fungsi serta peran posko pengaduan yang ada di Malang Raya. Di Kota Malang, posko pengaduan ini berada di kantor cabang yang ada di Jl. Tumenggung Suryo. Di Kota Batu ada di Jl. Pattimura, dan di Kabupaten Malang ada di Jl. Panji Kepanjen.
Fungsi dari posko pengaduan ini selain untuk menampung keluhan dan memfasilitasi setiap pertanyaan warga tentang BPJS Kesehatan, sekaligus sebagai sarana pemantauan terhadap pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS), apakah sudah diterima yang bersangkutan ataukah belum.
Untuk pendistribusian kartu ini, pihak BPJS Kesehatan Malang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dan jasa pengiriman terkemuka. Demikian yang disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Malang, dr. Gatot Subroto, M.Kes kepada wartawan, Rabu (3/2).
“Selain melalui posko-posko tersebut, masyarakat juga bisa menyampaikan keluhannya melalui email ke kc-malang@bpjskesehatan.go.id atau hotline service ke 500400. Semua pengaduan yang masuk ke posko, email dan telepon nantinya akan segera direspons oleh petugas serta mendapat solusi atau jawaban,” imbuh Gatot.
Selama ini, lanjut dia, untuk jumlah pengaduan masih relatif sedikit karena masyarakat kita sudah kritis dalam menyikapi berbagai hal. Sejauh ini warga lebih banyak menanyakan program atau hal lain seperti halnya mengenai keanggotaan. Contohnya, dalam satu keluarga kenapa masih satu orang yang menerima kartu BPJS Kesehatan.
Menurut data dari BPJS Kesehatan Malang, hingga akhir tahun 2015, jumlah penerima KIS dari Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara_red) sebanyak 936.587 jiwa, dan dari jumlah itu tersebar di Kabupaten Malang sebanyak 762.665 jiwa, Kota Malang 129.314 jiwa, dan Kota Batu 44.581 jiwa.
Ke depan, lanjut Gatot, pihak BPJS Kesehatan Malang akan terus meningkatkan semua pelayanannya agar masyarakat merasa aman serta nyaman. “Salah satu program kami nantinya yaitu akan membentuk posko-posko pengaduan di tingkat kecamatan, sehingga lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (say/yon)