Kota Malang Bersiap Gelar FORDA Perdana Jatim

Kota Malang tengah bersiap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) I Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 pada 27-30 Mei 2023. FORDA ini menjadi salah satu wujud upaya Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) untuk menyosialisasikan olahraga rekreasi serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat.

Ketua Panitia Penyelenggara FORDA I Provinsi Jawa Timur, Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes., AIFO menyampaikan bahwa terpilihnya Kota Malang sebagai tuan rumah karena KORMI Jawa Timur menilai Kota Malang memiliki kesiapan lebih dibandingkan daerah lain.

“Kota Malang menjadi embrio, cikal bakal FORDA yang nantinya akan berkelanjutan. Antusiasme para pegiat sangat luar biasa, terlihat dari yang hadir dalam pertemuan teknik ini saja sudah luar biasa berjubel, lebih dari estimasi kami. Ini menunjukkan prestise setiap kabupaten/kota, serta semangat tinggi untuk membawa bendera daerahnya masing-masing untuk berlaga di FORDA pertama ini,” ungkap Andun disela-sela Technical Meeting di SMP Negeri 3 Malang, Rabu (3/5/2023).

Andun mengungkapkan gelaran akbar para pecinta olahraga rekreasi ini adalah dalam rangka melestarikan, mengembangkan serta menjaga kelangsungan dan kesinambungan olahraga masyarakat yang merupakan warisan budaya bangsa serta menciptakan kondisi hidup sehat, bugar yang harus selalu dibangun.

Dengan demikian seseorang akan memiliki tingkat daya tahan tubuh yang baik untuk mampu melakukan aktivitas sehari-hari tanpa terasa lelah menghasilkan kerja fisik atau non-fisik secara maksimal. “Selain itu juga dengan ajang ini, nanti kita akan menemukan para pegiat olahraga yang nantinya akan mewakili Jawa Timur dalam Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) di Bandung, Jawa Barat pada Juli 2023 mendatang,” bebernya.

Lebih jauh Andun mengungkapkan bahwa panitia penyelenggara awalnya menargetkan dari 31 Cabang Organisasi Olahraga Masyarakat (COOM) dengan 108 jenis olahraga (jenor) yang digelar, akan diikuti 1.000 hingga 1.200 pegiat yang berpartisipasi. Namun pada realitanya jumlah pegiat yang sudah terdaftar melebihi target.

Berdasarkan data di laman https://www.fordasatujatim.online tercatat bahwa per tanggal 3 Mei 2023, FORDA I ini diikuti oleh anggota 21 KORMI kabupaten/kota se-Jawa Timur dengan jumlah peserta 2.190 orang. “Kami justru kaget karena yang mendaftar dua kali lipat dari target. Ini menunjukkan prestise daerah benar-benar dipegang,” lanjutnya.

Andun menyebutkan pihakya sangat optimis pelaksanaan FORDA pertama ini bisa berjalan dengan lancar. Berbagai persiapan yang luar biasa sudah dilakukan oleh panitia pelaksana, termasuk adanya dukungan pemerintah kota serta serta seluruh stakeholder terkait untuk menjadikan Kota Malang sebagai tuan rumah yang baik.

“Kami memandang secara kasat mata semua sudah siap. Kesiapan Kota Malang sangat luar biasa dengan dukungan berbagai pihak. Venue yang disiapkan juga luar biasa, semuanya representatif. Kami katakan seperti ini karena telah meninjau langsung semua venue yang ada, tinggal penyelenggaraannya saat hari-H. Sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi itu yang kita harapkan bersama. Dengan event besar ini, Kota Malang akan kedatangan banyak orang sehingga insyaallah juga bisa meningkatkan perputaran semuanya, seperti UMKM, penginapan, wisata, dan lain sebagainya,” tutupnya