Sinergi Kuatkan Ekonomi Melalui UMKM Vaganza 2022

Malang, malangkota.go.id – Universitas Brawijaya menggagas Pameran Usaha Mikro Kecil Menengah bertajuk UMKM Vaganza 2022. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 27 hingga 28 September 2022 di Samatha Krida Universitas Brawijaya ini, diikuti sekitar 80 tenant yang terdiri dari dari kuliner dan non-kuliner seperti kriya, craft, fesyen, hingga properti dan buku.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. Sofyan Edi Jarwoko sedang mengunjungi salah satu stan Pameran Usaha Mikro Kecil Menengah bertajuk UMKM Vaganza 2022

Wakil Wali Kota Malang, Ir. Sofyan Edi Jarwoko yang hadir dan membuka acara sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, hal ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi melalui koperasi alumni, pelaku usaha, dan perbankan.

“Ini contoh konkret bentuk sinergi dan kolaborasi untuk penguatan ekonomi khususnya UMKM. Pemerintah hadir dengan layanan sertifikasi gratis, legalitas gratis, membantu pelaku usaha memiliki legalitas dan perizinan formal. Perbankan hadir untuk memfasilitasi masuk ke dunia digital. Kalangan akademisi dengan keahliannya memberikan kontribusi supaya berkualitas dan berdaya saing,” ungkapnya, Selasa (27/12/2022).

Lebih lanjut, pria berkaca mata ini mengutarakan bahwa pemerintah juga telah berupaya membangkitkan geliat usaha rakyat. Salah satu kebijakan yang diambil adalah pengadaan makan dan minum di lingkungan pemerintah kota dipercayakan kepada pelaku UMKM.

“Selain itu juga membantu pemasaran. Jadi pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta termasuk dengan marketplace, kita bisa bantu UMKM untuk memasarkan produknya lebih bagus lagi. Selain melalui aplikasi, juga melalui kegiatan-kegiatan Pemkot Malang mesti harus diikut pameran usaha kecil. Termasuk memberikan kesempatan di Malang Ceative Center (MCC), termasuk di pasar-pasar yang kita miliki di Kota Malang,” tuturnya.

Bung Edi menuturkan kegiatan ini dilaksanakan di saat yang tepat, di mana pemerintah juga tengah membangkitkan dan menguatkan perekonomian dan menekan laju inflasi. “Saya kira jika semua peduli terhadap masalah UMKM akan menjadi penguatan yang luar biasa,” tutupnya.

Event yang digagas oleh Koperasi Payung Bisnis Universitas Brawijaya ini bertujuan untuk membangkitkan semangat mengembangkan dan menaikan nilai produk yang ada di UMKM dan startup. Pengembangan ini didukung oleh UMKM Vaganza melalui coaching clinic gratis yang menghadirkan layanan pengurusan dan konsultasi perizinan bekerjasama dengan Diskopindag, layanan uji klinis produk, dan konsultasi bisnis.