Peringati Hari Pahlawan, Wali Kota Sutiaji: Pentingnya Membangun Identitas Diri

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 2021 di halaman Balai Kota Malang, Rabu (10/11/2021). Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji bertindak sebagai inspektur upacara pengibaran bendera kali ini.

Forkopimda Kota Malang foto bersama veteran perang usai upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman depan Balai Kota Malang

Wali Kota Sutiaji membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia mengingatkan akan pentingnya membangun identitas diri bahwa semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. “Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan. Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia,” tegasnya.

Dikatakannya, perbedaan itulah yang justru semakin memperkaya dan memperkuat bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.

Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua pihak untuk mengemban misi bersejarah ‘mengalahkan’ musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. “Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021, yakni Pahlawanku Inspirasiku,” jelasnya lagi.

Bukannya tanpa alasan, hal ini mengingat bangsa Indonesia memiliki potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis. “Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah,” tambah Sutiaji.

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ini, Mensos RI dalam amanatnya mengajak untuk menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Menurutnya setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya.

Ia juga mengajak seluruh warga masyarakat untuk menyatukan tekad dan langkah dan secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. “Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada para veteran dan juga kepada Ketua DPRD Kota Malang, Kapolresta Malang Kota, Dandim 0833 Kota Malang, serta Kajari Kota Malang atas dedikasinya dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang. (yon/ram)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *