«

»

Mar 13

Kemkominfo Sulap Ibu Rumah Tangga Jadi Produktif

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng Google dalam memberi pelatihan e-Commerce kepada sejumlah ibu rumah tangga di kota Malang, pada Selasa (12/03/2019).

Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Eka Handayani memaparkan pentingnya belajar dan memasuki serta memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, Selasa (12/03/2019).

Dari pelatihan yang digelar di Ngalam Command Center (NCC) Dinas Kominfo Kota Malang ini, kaum hawa yang tadinya konsumtif nantinya akan dirubah pola pikirnya menjadi produktif. Konkritnya, dengan memanfaatkan semua bakat dan potensinya, seperti menjadi pelaku UMKM baru yang dapat mengenal serta memasarkan produknya di berbagai jejaring sosial media.

Hal itu yang disampaikan Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Eka Handayani di sela-sela pelatihan. Tahun lalu, kata dia, Kementerian Kominfo yang juga menggandeng Google telah memberikan pelatihan khusus bagi 200  ibu rumah tangga di Jawa Timur.

“Dan dari pelatihan dalam  bidang teknologi informasi ini, 10 persennya menjadi pelaku UMKM tangguh  dan mandiri,” ujarnya.

Tahun ini, lanjut Eka, sebanyak 200 ibu rumah tangga di Kota Malang, Jember, Madiun, Magetan dan Banyuwangi akan disasar. “Bersama Google, kami memberikan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi para ibu rumah tangga ini,” imbuhnya.

Kaum hawa yang sebelumnya konsumtif, lanjut dia, nantinya akan disulap menjadi produktif, ketika sudah mengenal kemajuan teknologi informasi. Para ibu rumah tangga ini diajari berbagai cara untuk mempromosikan dan menjual berbagai produk yang akan ditawarkan, seperti membuat akun di google bisnis.

Menurut Eka, saat ini pemasaran dan penjualan produk via daring sangat menjanjikan, sehingga bagi yang tidak mengenal kemajuan teknologi, maka akan tersingkir dari perdagangan global yang semakin pesat.

“Selain kualitas produk, yang tak kalah penting adalah pelayanan bagi konsumen, sehingga akan terjadi reseller secara berkesinambungan,” urainya.

“Dari pelatihan ini, para ibu rumah tangga yang belum memiliki usaha, maka akan terpicu untuk memulai usaha meski dalam skala kecil. Namun bagi yang sudah menjadi pelaku UMKM, maka akan turut memperluas jangkauan pemasaran dan juga penjualan produk, yang pada akhirnya akan turut mendongkrak omzet penjualannya,” pungkas Eka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>