UIN Maliki Kukuhkan KH Ma’ruf Amin Sebagai Guru Besar, Presiden Jokowi Berikan Ucapan Selamat

UIN Maliki Kukuhkan KH Ma’ruf Amin Sebagai Guru Besar, Presiden Jokowi Berikan Ucapan Selamat

UIN Maliki Kukuhkan KH Ma’ruf Amin Sebagai Guru Besar, Presiden Jokowi Berikan Ucapan Selamat

Klojen, MC – KH Ma’ruf Amin dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa bidang ilmu ekonomi muamalat syariah oleh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Rabu (24/5). Kiai yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini dianggap layak untuk mendapat gelar kehormatan tersebut atas dedikasinya terhadap bangsa dan umat.

Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat kepada KH Makruf Amin

Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si mengatakan jika sosok kiai sepuh tersebut selama ini getol mengembangkan gagasan dan aksi Islam modern, aksi Islam yang moderat dan ramah. “Kiai Ma’ruf Amin juga sebagai sosok intelektual menjadi rujukan berbagai hal oleh masyarakat khususnya umat Islam di Indonesia,” terangnya.

Pengukuhan guru besar bidang ilmu ekonomi muamalat syariah ini berdasarkan SK Menristekdikti nomor 69195/A2.3/K-P/2017. Penganugerahan ini sekaligus dalam rangka meningkatkan pengembangan akademik serta peningkatan sumber daya manusia, khususnya di civitas akademika UIN Maliki Malang.

Pada gelaran ini, KH Makruf Amin membawakan orasi ilmiah berjudul ‘Solusi Hukum Islam Makharij Fiqiyyah’ sebagai pendorong arus baru ekonomi syariah di Indonesia. Hal itu berdasarkan kontribusi fatwa Dewan Syariah Nasional MUI dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Tak hanya dihadiri beberapa menteri dan pejabat penting lainnya, dalam pengukuhan guru besar ini terasa sangat istimewa dengan kehadiran Presiden Joko Widodo. Meski tidak menyampaikan sambutan secara resmi, namun acara ini sangat terasa keistimewaannya karena orang nomor satu di Indonesia itu secara khusus menghadiri pengukuhan dan memberikan ucapan selamat kepada KH Ma’ruf Amin. (say/yon)

Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id/2017/05/uin-maliki-kukuhkan-kh-maruf-amin-sebagai-guru-besar-presiden-jokowi-berikan-ucapan-selamat/#ixzz4iAax1958

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *