Kadinkes Kota Malang: Waspadai dan Kenali Tanda-tanda DBD

Kadinkes Kota Malang: Waspadai dan Kenali Tanda-tanda DBD

Kadinkes Kota Malang: Waspadai dan Kenali Tanda-tanda DBD

Klojen, MC – Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD)  atau Dengue Hemoragic Fever (DHF) di Kota Malang selama tahun 2015 ada sebanyak 278 penderita, dan dari jumlah itu yang meninggal sebanyak tiga orang. Angka penderita DBD itu relatif tinggi, sehingga warga masyarakat diimbau agar lebih waspada.

Kepala Dinkes Kota Malang Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM
Kepala Dinkes Kota Malang Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM, Rabu (13/1), bahwa musim hujan seperti saat ini, siapapun rawan terjangkit wabah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti ini apabila tidak menjaga kebersihan lingkungannya. Disarankan apabila ada tanda-tanda terserang demam yang membahayakan ini, segera periksakan ke dokter atau Puskesmas terdekat.

Pihak Dinas Kesehatan, kata dia, selalu melakukan tindakan antisipasi pencegahan terhadap merebaknya penyakit demam berdarah ini. Salah satu upaya konkretnya yaitu ketika acara blusukan kampung yang diadakan Wali Kota Malang setiap dua minggu sekali.

“Saat acara blusukan kampung, saya bersama beberapa petugas kesehatan ketika melihat ada tong yang ditengkurapkan dan dibawahnya ada genangan air selalu kami bersihkan. Selain itu, misalnya ada tempat bendera yang biasanya berisi air hujan, selalu kami lihat dan bersihkan,” urai dr. Asih.

Maka dari itu semua warga masyarakat hendaknya selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak terserang oleh nyamuk demam berdarah.”Lingkungan bersih pun terkadang bukan jaminan, karena nyamuk suka di tempat yang bersih,” jelas dr. Asih.

Akan tetapi,  imbuh perempuan berkacamata itu, ciri-ciri seseorang terkena demam berdarah harus diketahui dengan cermat. Ciri khas yang harus diwaspadai yaitu, terasa nyeri pada ulu hati, badan panas, perut mual, dan kadang tidak ada bercak kemerahan. “Jika ada tanda-tanda itu, maka segeralah ke dokter,” imbau dr. Asih. (say/yon)

Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id/2016/01/kadinkes-kota-malang-waspadai-dan-kenali-tanda-tanda-dbd/#ixzz3xCYUMfHi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *