TIPS SEHAT BAGI PEROKOK BERAT

TIPS SEHAT BAGI PEROKOK BERAT

ROKOK, Sampai sekarang hukumnya tetap kontroversi, ada yang mengharamkan dengan mutlak, ada yang menghukumi makruh dan ada yang memandang haram apabila dirasa membahayakan, dan ada pula yang menghukumi bagus/wajib, karena kalau tidak merokok merasa tidak punya daya kekuatan dan gairah untuk beraktifitas. Lepas dari itu semua, yang jelas tetap dikembalikan kepada pelakunya sendiri. Berikut Tips Sehat bagi para perokok berat, yang belum bisa berhenti dari kebiasaan yang kurang baik ini  :

  1. Tetap olah raga, tapi bukan olahraga berat
  2. Istirahat yg cukup..(jgn suka Begadang)
  3. Jangan segera merokok ketika baru bangun tidur, dan menjelang tidur
  4. Banyak minum air putih, dan jangan minum teh atau kopi ketika merokok, sebab kandungan kafein dapat meningkatkan kadar CO2 dalam paru-paru. Anda dapat menggantinya dengan minuman yang dapat menetralisir racun yang dibawa rokok, seperti jus buah segar atau susu.
  5. mengkonsumsi tiap hari :
  • Vitamin C. 250 hingga 1000 miligram per hari. Kecukupan Gizi yang dianjurkan untuk vitamin ini :
  • 60 miligram ( jeruk, brokoli, semangka, cabai merah, buah kiwi, dan stroberi),
  • Vitamin E. 100 hingga 400 IU per hari. Kecukupan Gizi yang dianjurkan untuk vitamin ini adalah setara dengan 10 miligram alfatokoferol atau 15 IU ( minyak sayur, kecambah dan mangga).
  • Beta karoten, 15 hingga 30 miligram per hari. kecukupan Gizi yang dianjurkan untuk ini belum ada (jeruk kuning dan buah-buahan berwarna hijau tua dan sayuran seperti wortel, ubi squash selain bayam dan sayuran berdaun hijau lain).
  1. Berhenti sementara, ketika badan tidak sehat, terutama batuk pilek, ketika capek, dada sesak, nafas tersengal, ngos-ngosan.

Kebutuhan gizi dasar pria dan wanita yang merokok sama dengan mereka yang tidak merokok. Namun, ada bukti bahwa perokok perlu jauh lebih banyak nutrisi antioksidan dibandingkan non-perokok.

Pada dasarnya, perokok membutuhkan nutrisi antioksidan seperti vitamin C (juga dikenal sebagai asam askorbat), dan vitamin E. Beta-karoten dapat ditemukan di sebagian besar multi-vitamin dan kelebihan beta-karoten berisiko bagi kesehatan gizi yang baik. Jika anda seorang perokok dan sedang mencari multi vitamin, pastikan tidak ada bahan dasar dari beta-karoten sebagai salah satu bahan.

Terlalu banyak perokok yang tidak memadai asupan antioksidan. Antioksidan nutrisi memiliki peran protektif berkaitan dengan kanker, penyakit jantung, pembentukan katarak, kognitif (pikiran) disfungsi, dan penyakit lainnya. Penelitian percaya ada keseimbangan antara antioksidan pelindung dan komponen yang mempromosikan oksidasi dalam tubuh. Keseimbangan ini tampaknya berhubungan dengan kesehatan atau penyakit. Beberapa komponen dari asap rokok menghasilkan oksidasi yang memberikan tingkat stres yang tinggi yaitu oksidan. Radikal bebas, yang juga mempromosikan oksidasi, berasal dari tembakau. Asap rokok telah diperkirakan mengandung 1.000.000.000.000.000 radikal bebas per inhalasi. Ini radikal bebas yang dapat mengoksidasi komponen lemak tubuh dan ini cukup berbahaya.

Jika anda merokok, atau hidup dengan seseorang yang merokok, penting bagi anda untuk membuat pilihan yang tepat menjaga kesehatan anda terhadap risiko yang terkait dengan rokok. Salah satu keputusan yang paling penting yang dapat anda buat adalah memilih multi-vitamin yang tepat. Itu fakta bahwa merokok menghabiskannya banyak nutrisi pentingn didalam tubuh. Ini juga merupakan fakta bahwa satu gizi, beta-karoten, telah ditemukan dalam studi klinis untuk efek merugikan kesehatan perokok ‘. Beta-karoten, suatu bentuk vitamin A, dapat ditemukan di sebagian besar multi-vitamin.

Sekalipun diketahui mengandung nikotin yang membahayakan kesehatan, masih saja ditemui banyak orang yang merokok. Kebiasaan merokok dipastikan memicu berbagai kanker, antara lain; kanker payudara dan rahim, penyakit jantung dan paru-paru, gangguan tenggorokan, masalah kesuburan, juga gangguan pertumbuhan janin pada ibu yang sedang mengandung

Untuk mengurangi berbagai dampak negatif akibat kebiasan buruk itu, baik perokok aktif, mantan perokok, maupun perokok pasif membutuhkan beberapa nutrisi penting, yairu; vitamin C, betakaroten, vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B1 (kobalamin), kromium, zat besi, magnesium, seng.

JUS UNTUK PEROKOK

Untuk 2 porsi
(waktu persiapan: 10 menit)

Bahan:
400 g wortel
300 ml air jeruk peras
1 sdm air jeruk lemon
1 buah mangga arummanis (pilih yang matang), potong-potong
Es batu secukupnya

Cara membuat:

  • Potong-potong wortel menjadi beberapa bagian. Proses dengan juicer dan tampung sarinya.
  • Campur sari wortel, air jeruk peras, air jeruk lemon, mangga, dan es batu ke dalam mangkuk blender. Proses sampai lembut.
  • Tuangkan ke dalam gelas, sajikan segera.

TIP DAPUR : TIP DAPUR

  • Tak perlu mengupas kulit wortel, sikat saja hingga bersih.
  • Pilih jeruk yang manis, antara lain: sunkist, jeruk keprok, atau jeruk siam.
  • Habiskan jus segera. Jika disimpan, warna jus cenderung berubah menjadi kecokelatan.

TIP SEHAT:

  • Gabungan vitamin C dan betakaroten, berdasarkan penelitian sangat ampuh mengatasi berbagai ganguan kesehatan akibat merokok

 

 

SUMBERSARI OKE