Trik Sehat untuk Pekerja yang Sering Duduk

Trik Sehat untuk Pekerja yang Sering Duduk

Banyak pekerjaan yang menuntut kita untuk duduk di kursi selama sepertiga waktu kita dalam sehari. Bahaya, tentu saja. Namun ada solusi untuk menanggulanginya.

Ada Trik Sehat untuk Pekerja yang Sering Duduk
Dalam sehari, kita melakukan banyak sekali aktivitas. Namun yang paling sering dilakukan adalah dalam posisi duduk, seperti saat makan, membaca, dan bekerja. Perlu diperhatikan posisi yang baik dan benar saat dalam posisi duduk agar tidak terjadi cedera tulang dan saraf.

Yuk, simak sebelum kamu kembali duduk bekerja.

1. Posisi duduk

Kuncinya adalah kamu harus santai saat duduk, jangan terlalu bungkuk atau tegak. Duduklah dengan tegak dan paha menempel pada dudukan kursi. Jika kaki tidak membentuk sudut siku-siku, berilah bantalan pada telapak kaki agar ketinggian kaki sejajar. Tidak bekerja di  meja? Kamu bisa menggunakan pijakan di bawah kaki dengan posisi kaki tetap sejajar dengan lantai. Akan tetapi hal ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama karena akan membuat tulang ekor menahan sebagian beban yang berasal dari paha.

2. Tempat duduk dan meja yang ergonomis

Selain memerhatikan posisi duduk yang benar, faktor tempat duduk dan meja juga sangat penting. Jika kamu menggunakan komputer untuk bekerja, pastikan ketinggian meja dapat mengarahkan pandangan lurus atau sejajar pada layar monitor. Kemudian pada peletakankeyboard, tangan dapat berada dalam posisi membentuk sudut 90 derajat atau tangan sejajar dengan lengan bawah. Untuk kursi, sandaran kursi harus dapat menopang punggung saat bekerja dalam posisi tegak.

3. Istirahat

Jangan bekerja terlalu lama, lakukan istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri, peregangan sesaat, atau berjalan-jalan di sekitar meja kerja. Hal itu dapat mengembalikan kesegaran tubuh sehingga kamu dapat tetap berkonsentrasi dalam bekerja. Untuk kamu yang selalu menatap monitor komputer, pasti pernah merasa mata terasa berat dan perih. Kamu juga bisa mengistirahatkan mata dengan melihat warna-warna alam, seperti hijau, biru, dan kuning. Pastikan kamu melihat warna tersebut pada benda-benda ataupun pada alam sesungguhnya.

4. Pendingin dan penghangat ruangan 

Menggunakan pendingin dan penghangat ruangan pada waktu yang tepat sangat penting. Jika cuaca sedang sangat panas, kamu bisa menggunakan AC. Namun jika terpapar terlalu lama, AC dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, paru-paru, dan mata. Sebaiknya jangan biarkan kulit kamu terpapar langsung oleh suhu yang dihasilkan oleh pendingin ruangan, bisa dengan cara memakai pakaian yang tidak terbuka, seperti atasan dan bawahan yang panjang.

Bekerja tidak hanya soal hasrat dan uang melainkan juga kebaikan dalam jiwa dan raga manusia. Maka dari itu, kesehatan dalam bekerja perlu diperhatikan pula. Semoga tips yangCareernews berikan bermanfaat untuk kamu. Ayo kerja sehat!

dikutip dari beberapa sumber

SUMBERSARI OKE