TIPS MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA

Bekerja merupakan ikhtiar manusia di dalam usaha mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi di dalam menjalankan rutinitas tersebut sesekali pasti  muncul  rasa jenuh, bosan, dan merasa lelah tanpa sebab. Hal tersebut dapat terjadi kepada siapa saja dan merupakan hal yang manusiawi. Akan tetapi apabila hal tersebut terjadi terus menerus dapat menyebabkan gangguan prikologis kepada seseorang yang akhirnya menyebabkan stres dan tidak bersemangat.

 

Padahal pekerjaan merupakan suatu kebutuhan primer setiap orang, dan di dalam pekerjaan tersebut ada kewajiban yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya diiringi rasa tanggung jawab atas pekerjaannya itu. Apabila kewajiban tidak dilaksanakan dengan baik, akan berakibat hak pekerja pun tidak dapat diberikan sebagaimana mestinya.

 

Perasaan jenuh atau tidak bersemangat muncul aspek internal dan aspek eksternal.  Apek eksternal contohnya; cuaca atau suasana kantor yang tidak nyaman, peralatan untuk bekerja mengalami kerusakan; tidak cocok dengan salah satu atau beberapa rekan kerja; bermasalah dengan atasan; gaji sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan hidup saat ini; dll. Sedangkan Rasa jenuh atau tidak bersemangat didalam bekerja dari aspek internal contohnya; kurang istirahat/kurang tidur; stamina yang menurun; faktor fisik atau usia; sedang sakit; perasaan jenuh atas rutinitas yang berulang-ulang (itu-itu saja); dll.

 

Meskipun penyebab semangat menurun tersebut ada dari faktor eksternal maupun internal, Berikut beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan semangat di dalam bekerja :

  1. Tidur yang Cukup

Banyak orang yang sudah tahu ia memiliki pekerjaan rutin, tapi selalu mengabaikan pentingnya tidur yang sehat (rata-rata 7 jam). Misalnya seseorang memiliki pekerjaan yang dimulai di pagi hari, tapi malam harinya dihabiskan dengan bergadang/tidak tidur hingga larut malam, bahkan tidak tidur. Sebenarnya sesekali hal ini lumrah dilakukan, misalnya menonton pertandingan olah raga, kegiatan jaga malam, melanjutkan pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan di kantor, dan lain-lain, akan tetapi apabila ini terjadi terus menerus akan beresiko kesehatan dan semangat kerja menurun. Tentunya akan memberi pengaruh tidak baik bagi tubuh.

  1. Manfaatkan Waktu Istirahat yang Disediakan dengan Sebaik-Baiknya

Perusahaan atau instansi yang baik pasti memberikan waktu istirahat di sela pekerjaan para pegawai. Maka manfaatkan sebaik-baiknya untuk beristirahat, jangan terus bekerja tanpa henti hingga pulang kerja.

  1. Selalu tersenyum menghadapi masalah apapun

Di dalam kehidupan pasti mengalami masalah, dan ketika bekerja, pasti akan mempengaruhi semangat dan minat kerja. Untuk mengembalikannya dapat kita lakukan dengan hal sederhana, yaitu dengan senyuman kepada siapa saja yang kita temui. Meski yang kita temui itu merupakan punca permasalahan yang kita hadapi. Karena dengan tersenyum memiliki dampak yang cukup besar ketika seseorang memiliki masalah. Selain untuk “menutupi” masalah yang kita hadapi, juga membantu untuk menimbulkan efek relaksasi, perasaan bahagia dan menurunkan tingkat stress didalam tubuh. Sealin itu juga banyak fakta medis yang menyatakan bahwa tersenyum memiliki manfaat bagi kesehatan. Dan juga seperti yang sebagian besar umat Islam ketahui, bahwa tersenyum merupakan salah satu wujud ibadah, seperti yang disampaikan melalui hadist yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi, Ibn Hibban dan Al Baihaqi; ”Tersenyum ketika bertemu saudara kalian adalah ibadah.”

  1. Buat Jadwal / Agenda Kerja

Aktifitas kerja yang padat memang membuat stres, apalagi ketika kita merasa pekerjaan telah diselesaikan, ternyata masih ada pekerjaan yang belum terlaksana yang harus diselesaikan hari itu juga. Hal ini sering membuat tingkat stres semakin tinggi. Dan akhirnya anda tidak bersemangat untuk melanjutkan pekerjaan dengan baik lagi.

Tidak ada salahnya anda memulai untuk menyusun agenda pekerjaan anda secara kontinu. Anda dapat lebih mudah mengontrol pekerjaan dan waktu untuk istirahat dengan baik. Selain menyiapkan agenda kerja, anda pun dapat mencatat apa saja yang terjadi pada hari itu dan apa saja pencapaian serta kegagalan yang dialami selama bekerja. Sehingga agenda anda dapat memacu semangat anda untuk memperbaiki kesalahan dan kegagalan yang telah terjadi sebelumnya. Dan akhirnya agenda tersebut bukan hanya menjadwalkan kegiatan apa saja yang akan anda lakukan diwaktu bekerja, tetapi juga merupakan catatan sejarah anda didalam mencapai kesuksesan kerja.

  1. Lakukan variasi kegiatan di saat bekerja

Salah satu yang menyebabkan rasa suntuk atau bosan adalah kegiatan yang dilakukan hanya itu-itu saja. Untuk itu variasi kegiatan di dalam bekerja dapat membantu anda mengatasi hal tersebut. Bukan hanya variasi kegiatan yang dapat anda lakukan, tapi juga variasi suasana kerja, misalnya menata ulang susunan berkas, menata ulang posisi tempat duduk atau meja, dan lain-lain.

  1. Hidupkan musik bila perlu

Musik merupakan sarana hiburan yang cukup efektif di dalam membangkitkan semangat kerja. Selagi tidak mengganggu konsentrasi anda dan rekan sekerja, tidak ada salahnya untuk menghidupkan player musik agar dapat menyemangati anda bekerja.

Sesuaikan musik dengan selera anda yang anda rasa memberikan sugesti bekerja dengan baik. Karena selera musik orang yang satu dengan yang lain tidak sama. Ada yang bersemangat bekerja dengan musik bergenre (aliran) tertentu. Apakah itu pop, rock, jazz, disco, dangdut, musik tradisional, orchestra, dan lain-lain. Jangan ambil pusing pendapat orang lain terhadap genre musik yang ada sukai tersebut, karena pada intinya selera manusia berbeda-beda.

  1. Selalu berfikir positif dan optimis

Apabila kita dapat menumbuhkan sikap optimis dan berpikir positif, akan berdampak semangat bekerja pun meningkat. Karena apabila yang muncul sikap pesimis dan berpikiran negatif, akan menghilangkan konsentrasi di dalam bekerja.

  1. Pahami dan sadari, apa yang memotivasi anda untuk bekerja

Untuk poin ke-8 ini merupakan hal yang menurut penulis memiliki pengaruh yang cukup kuat untuk seseorang di dalam bekerja. Apabila di dalam bekerja tidak ada yang menjadi motivasi anda, pasti semangat kerja tidak akan stabil. Anda hanya akan berpikir bahwa anda bekerja hanya untuk mengisi waktu luang saja. Akan tetapi ketika ada sesuatu hal yang merupakan alasan anda untuk bekerja, pasti semangat itu akan meningkat. Apakah itu sumber motivasi anda adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup anda sendiri, atau untuk memenuhi kebutuhan dan membahagiakan keluarga, atau mungkin alasan anda bekerja adalah untuk mengabdi kepada masyarakat/bangsa/negara. Lain orang, lain sumber motivasinya.

Contohnya, ketika ada sedang tidak bersemangat bekerja, anda pikirkan sumber motivasi anda, misalnya : untuk membesarkan, membahagiakan, dan menyekolahkan anak. Pasti itu akan menjadi sugesti anda untuk terus bekerja penuh semangat dan keyakinan akan berhasil. Meskipun gagal, anda akan terus berusaha agar tujuan anda benar-benar tercapai.

 

Demikianlah beberapa tips yang dapat membantu kita untuk mengembalikan semangat kerja. Semoga berguna untuk pembaca di dalam menyelesaikan pekerjaan anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SUMBERSARI OKE