Kota Malang Mulai Diguyur Hujan Abu Gunung Bromo

Kota Malang Mulai Diguyur Hujan Abu Gunung Bromo

Abu vulkanis Gunung Bromo yang menempel di kendaraan yang terparkir. Jum’at, 08/01/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Hujan abu vulkanis Gunung Bromo mulai dirasakan warga Kota Malang dan Kabupaten Malang sejak Kamis malam, (07/01/2016). Meski dalam intensitas yang ringan namun dampaknya cukup terasa jika Ngalamers naik kendaraan bermotor tanpa menggunakan penutup mata.

“Lumayan pedih kalau kaca helmnya nggak ditutup, saya kira cuma debu biasa.” kata Agus Pambudi warga Dau, Kabupaten Malang, Kamis (07/01/2016) malam kepada halomalang.

Pagi hari Jum’at (08/01/2016) di beberapa wilayah Kota Malang merasakan dampak hujan abu Gunung Bromo. Dari pantauan halomalang, hujan abu tipis terlihat mengguyur di kawasan Jl. Veteran, Jl. Bandung hingga kawasan Ijen. Abu putih tersebut tampak menghiasi kursi baru dan dedaunan di taman sepanjang Jl. Veteran.

Abu vulkanis Gunung Bromo yang menempel dedaunan di taman Jalan Ijen, Kota Malang. Jum’at, 08/01/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Hal serupa juga dirasakan di kawasan Perumahan Araya, Blimbing dan sekitar Alun-alun Malang. “Mulai tadi pagi mas lumayan pekat. Lihat saja kendaraan yang diparkir, pasti penuh debu,” terang Rochmad pengunjug Alun-alun.

Gunung Bromo yang hingga saat ini masih bestatus siaga masih menyemburkan asap kelabu sedang ke arah Barat. Data PVMBG, Badan Geologi, Kementerian ESDM menyebut tinggi asap berkisar 400 meter dari puncak (2729 m dpl) sejak Kamis kemarin.

Sebagai antisipasi, selalu kenakan masker saat berkendara maupun ketika Ngalamers keluar rumah.

Abu vulkanis Gunung Bromo yang menempel di kendaraan yang terparkir di kawasan Araya. Jum’at, 08/01/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

(dikutip dari http://halomalang.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *